Bahayanya Belajar Agama Islam Dari Internet Tanpa Guru - Menurut Islam

Bahayanya Belajar Agama Islam Dari Internet Tanpa Guru - Menurut Islam

Internetyang merupakan suatu kemudahan yang dihasilkan dari perkembangan IPTEK memudahkan seseorang untukmendapatkan Informasiataupunmenyebarkan informasi secara mudah dan praktis. Internet biasanya digunakan untuksarana berkomunikasi, berbisnis ataupun sebagai sarana hiburan dan lainnya, banyak juga yang sudah mengunakanInternet sebagai sarana pembahasan Ilmu Agamaseperti website yang saya kelola kali ini. Memangilmu yang dicari mudah untuk diperoleh, tetapi andatidak bisa secara langsung untuk menerima kebenaran dari apa yang sudah ditulis di Internet. Jika anda sudah mendapatkanIlmu agama dari internetanda harusmenanyakan ilmu tersebut kepada para ahli agamadengansumber yang berbeda-beda untuk mendapatkan penjelasan lebih mantapbagi anda.

Pertanyaan memang terkadang harus selalu diungkap agar dapat menunjukan kebenaran. Membahas tentang agama, sekarang inibanyak sekali penulis yang membahas Agamaterutama darikalangan Awam dan sudah ahliserta darikalangan Muslim ataupun Non Muslim. Sekarang ini tidak sedikit artikel di Internet yang selalu berusaha memojokan Umat Islam dengandogma yang menyesatkan kaum muslim yang ragu dengan agamanya. Pada kesempatan ini saya akanmemberikan jawaban dari pertanyaan ataupun artikel forum yang berusaha menyesatkan umat muslimagar percaya dengan apa yang dituliskan dengan maksudtujuan agar anda murtad dari Islam. Perlu diketahuijika anda memiliki keraguan terhadap agama Islam lebih baik anda belajar terlebih dulu dengan para ahli Agama Islam,tanyakan pada ahli agama yang berbeda-beda sebelum anda menentukan untuk mempelajari Agama sendiri dari Internetyang terkadangpenulisnya belum diketahui identitasnyaataupun bisa jadi penulisnya Non-Muslim yang berusaha agar andamemandang dengan penuh kesalahan terhadap agama Islamtanpa mengoreksi kesalahan agamanya sendiri. Di Website ini saya berusaha untuk sama sekalitidak menyinggung akidah atau ajaran Agama lain, di sini saya hanyamenguatkan tentang kebenaran Agama Islam dari apa yang mereka perselisihkan.

A: ApakahBelajar Agama Dari Internet Boleh?

J :Boleh, tetapitidak langsung bisa diterima begitu saja perlu dipertanyakan lagi kepadasumber yang berbeda-beda untuk mendapatkan penjelasan yang lebih rinci. Perlu jugaditanyakan kepada para ahli agama secara langsung.

A: Apa sajabahaya mempelajari Agama sendiri dari Internet?

J :Pemahaman anda terhadap suatu ilmu agama bisa melencengdenganpendapat yang anda miliki dan yakini hanya dari satu sumber referensi. Belajar Agama dari Internet boleh saja, tetapiberhati-hatiterkadang sudut pandang lain yang tidak tau betul makna dari tulisan tertentudisalah artikan oleh mereka.

A: Apa yang harus dilakukanagar aman belajar Agama dari Internet?

J : CariWebsite yang sudah dipercayamemberikansumber yang baik dan benar,Tanyakan lagisuatu perihal kepada yanglebih ahli dari menafsirkansuatu makna dari maksud pembahasan tertentu.

Ilmu memang dianjurkan untuk dicari dan dipelajari.

فَتَعَالَى اللَّهُ الْمَلِكُ الْحَقُّ وَلا تَعْجَلْ بِالْقُرْآنِ مِنْ قَبْلِ أَنْ يُقْضَى إِلَيْكَ وَحْيُهُ وَقُلْ رَبِّ زِدْنِي عِلْمًا

Artinya :

Maka Mahatinggi Allah Raja yang sebenar-benarnya. Dan janganlah engkau (Muhammad) tergesa-gesa membaca Al Quran sebelum selesai diwahyukan kepadamu, dan katakanlah, Ya Tuhanku,tambahkanlah ilmu kepadaku. [Thaaha (20:114)]

Berhati-hati dalam menerima Informasi serta Ilmu :

يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا إِنْ جَاءَكُمْ فَاسِقٌ بِنَبَأٍ فَتَبَيَّنُوا أَنْ تُصِيبُوا قَوْمًا بِجَهَالَةٍ فَتُصْبِحُوا عَلَى مَا فَعَلْتُمْ نَادِمِينَ

Artinya :

Wahaiorang-orang yang beriman! Jikaseseorang yang fasik datang kepadamu membawa suatu berita, makatelitilah kebenarannya, agar kamutidak mencelakakan suatu kaum karena kebodohan (kecerobohan), yang akhirnya kamu menyesali perbuatanmuitu. (QS al-Hujurat [49]: 6)

وَلاَ تَقْفُ مَا لَيْسَ لَكَ بِهِ عِلْمٌ إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولاً

Artinya :

Janganlah kamumengikuti apa yang kamu tidak ketahui. Sesungguhnyapendengaran, penglihatan, dan hati, semuanya itu akan dimintai pertanggungjawabannya. (QS al-Isr [17]: 36)

إِذْ تَلَقَّوْنَهُ بِأَلْسِنَتِكُمْ وَتَقُولُونَ بِأَفْوَاهِكُمْ مَا لَيْسَ لَكُمْ بِهِ عِلْمٌ وَتَحْسَبُونَهُ هَيِّنًا وَهُوَ عِنْدَ اللَّهِ عَظِيمٌ

Artinya :

(Ingatlah) ketika kamumenerima (berita bohong)itu darimulut ke mulut dan kamu katakan dengan mulutmuapayang tidak kamu ketahui sedikit pun, dan kamumenganggapnya remeh,padahal dalam pandangan Allah itu soal besar. (An-Nur [24]:15)





Terimakasih sudah mengunjungi situs kami. Jika terdapat kesalahan penulisan pada artikel atau link rusak, menampilkan iklan tidak pantas dan masalah lainnya, mohon laporkan kepada Admin Web (Pastikan memberitahukan link Artikel yang dimaksud). Atau bagi anda yang ingin memberikan kritik dan saran silahkan kirimkan pesan melalui kontak form di halaman Contact Us.



Komentar

Postingan populer dari blog ini

Workouts & Exercises for TRX Premium 1.6

Cara Membuat Search Box di BlogSpot - Menambah Kotak Pencarian

Tata Cara Menangani Telpon Masuk dan Keluar Yang Baik